Jumat, 15 Juli 2011

Tips Belajar Efektif

Persiapan Awal "
Buat persiapan yang baik buat satu tahun ke depan. Tentukan target Anda
persiapkan segala keperluan, seperti buku pelajaran, buku tulis atau baju seragam.
Buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut.

Tips Belajar Efektif
1. Ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya sehingga begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, Anda sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum Anda tahu..
2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru
3.Catat kembali point point penting dibuku kecil yang mudah dibawa kemana saja, atau ketik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja didapat dari sekolah. Baca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik atau dicatat.
4. membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kalimat sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.
5. gunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. C
6. Ajari teman lain tentang materi yang baru diulang
7. Belajar Paling tidak sebulan sebelum ulangan, selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.
8. belajar pada siang hari. Pagi konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktivitas ringan atau pekerjaan rumah.
9. libur dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.
10. Belajar sambil mendengarkan musik Beethoven atau Mozart cocok buat pelajaran matematika, ilmu alam atau bahasa asing.
SELAMAT BELAJAR... SEMOGA SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar