Minggu, 19 Juni 2011

Kebutuhan Dasar Seks Pasien

1. Definisi Keintiman
Keintiman adalah: semua sikap yang dapat memasuki kehidupan peribadi atau suasana perasaan seseorang. Keintiman hanya mungkin ada dalam suatu hubungan tertentu dalam keluarga misalnya.
Untuk sampai pada keintiman harus ada rasa saling percaya antara kedua belah pihak dan berusaha untuk tetap menjaga privasi. Namun dalam hubungan perawat dan pasien atas dsar kebutuhan dan saling percaya dapat saja dalam tugas nya perawat memandikan pasien dan lain-lain, maka keintiman akan terjalin dengan batasan-batasan tertentu.

2. Definisi Seksualitas
Seksualitas adalah kebutuhan dasar manusia dalam manifestasi kehidupan yang berhubungan dengan alat reproduksi. Setiap orang mempunyai kebutuhan sesualitas di lihat dari sisi:
a. Jasmani :sikap seksual akan berfusi secara biologis melalui organ-organ kelamin yang berhubungan dengan proses reproduksi.
b. Rohani seksualitas adalah tertuju pada oang lain sebagai manusia,dengan tujuan utama bukan untuk pemuasan seksualitas melalui pola-pola yang baku seperti binatang.
c. Sosial adalah kedekatan dengan suatu keadaan intim dengan orang lain suatu alat yang paling di harapkan dalam menjalankan seksualitas.
Kebutuhan keintiman dan seksualitas dari pasiean dalam perawatan hubungan seksualitas jarang dibicarakan karena bagi sebagian orang masih dianggap tabu. Sehingga masalah ini hanya sedikit mendapat perhatian hal ini tak terlepas dari nilai yang dianut sebagai orang tua.
Mengekspresikan kebutuhan seksualitas sebenarnya tidak hanya melalui hubungan badan tapi sikap yang mesra sangat penting dalam mendukung kesembuhan dapat juga dilakukan dengan menetapkan pasien kamar tersendiri bila memang kebutuhan seksualitas harus di penuhi atau dapat juga pasien cuti sementara di akhir minggu ( bila keadaan memungkinkan ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar